Pengendalian Intern dan Pengambilan Keputusan

       pengendalian intern atau kontrol intern dapat didefinisikan sebagai suatu proses yang dipengaruhi oleh sumber daya manusia dan sistem teknologi informasi, yang dirancang untuk membantu organisasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.pengendalian ini dapat juga dapat dikatakan sebagai suatu cara untuk mengarahkan , mengawasi, serta mengukur sumber daya suatu organisasi, dimana hal tersebut berperan penting dalam mencegah dan mendeteksi penggelapan dan melindungi sumber daya organisasi.
Elemen Elemen Pengendalian Intern
            terdapat beberapa elemen-elemen dalam pengendalian intern diantaranya:
  • Lingkungan pengendalian ( control environment ) : yaitu elemen pertama  pada strukrtur pengendalian, dimana lingkungan ini memiliki tujuh unsur diantaranya: integritas nilai  nilai dan etika, komitmen dan kompetensi, dewan directur dandewan tanggung jawab, kebijakan dan praktek pegawai.
  • Penilaian Resiko (Risk Assesment).
  • Prosedur pengendalian (control procedure) : prosedur ini menstandarisasi proses kerja sehingga menjamin tecapainya tujuan perusahaan dan mencegah atau medeteksi  terjadinya ketidak-bersan  dan kesalahan.
  •   Pemantauan ( monitoring)  : elemen ini menentukan kualitas kinerja pengendalian intern sepanjang waktu.
Tujuan dari pengendalian intern ini diantaranya:
  1. agar tujuan yang ditetapkan oleh sebuah perusahaan  akan dapat tercapai.
  2. laporan keuangan yang dihasilkan perusahaan dapat tercapai.
  3. kegiatan perusahaan dapat sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku.
Fungsi Pengendalian Intern
fungsi pengendalian intern dapat dibagi atas:
•    Melindungsi harta perusahaan dari tindakan dan keadaan yang merugikan, misalnya pencurian, kerugian dan kerusakan.
•    Mengecek kerusakan data akuntansi, sehingga dapat menghasilkan data yang dapat diandalkan dalam pengambilan keputusan.
•    Meningkatkan efisiensi usaha dalam beroperasi. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari pengulangan kerja yang tidak perlu dan merupakan pemborosan dalam seluruh aspek usaha.
•    Mendorong ditaatinya kebijakan manajemen yang telah ditetapkan. Manajemen membuat berbagai peraturan dan prosedur untuk pencapaian tujuan perusahaan.

Unsur-unsur Pengendalian Intern yang Berbasis Komputer.
Suatu pengendalian intern yang baik tidak luput dari berbagai unsur-unsur yang mendukung. Unsur-unsur pengendalian intern yang berbasis komputer terdiri dari:
-Pengendalian umum :merupakan suatu standar dan paduan yang digunakan karyawan dalam melaksanakan fungsinya.
Pengendalian Transaksi:
- Pengendalian Input:
Pengendalian masukan yang dimaksud untuk meyakinkan bahwa semua data transaksi telah dicatat dengan teliti, lengkap dan tepat waktu.
Pengendalian Proses
Pengendalian proses merupakan pengendalian yang dirancang sesuai dengan aplikasi-aplikasi tertentu.
Pengendalian Output
Pengendalian output dirancang untuk menjamin bahwa output yang dihasilkan oleh sistem sudah lengkap, akurat, dan didistribusikan kepada pemakai yang tepat.


Pengambilan Keputusan
Pengambilan keputusan sangat penting dalam manajemen dan merupakan tugas utama dariseorang pemimpin (manajer). Pengambilan keputusan (decision making) diproses oleh pengambilan keputusan (decision maker) yang hasilnya keputusan (decision).

Fungsi Pengambilan Keputusan
Pengambilan keputusan sebagai suatu kelanjutan dari cara pemecahan masalah memiliki fungsi antara lain sebagai berikut.
1. Pangkal permulaan dari semua aktivitas manusia yang sadar dan terarah, baik secara individual maupun secara kelompok, baik secara institusional
maupun secara organisasional.
2. Sesuatu yang bersifat futuristik, artinya bersangkut paut dengan hari depan, masa yang akan datang, di mana efeknya atau pengaruhnya berlangsung cukup lama.

Tujuan pengambilan keputusan dapat dibedakansebagai berikut:
• Tujuan yang bersifat tunggal
Tujuan pengambilan keputusaan yang bersifat tunggal terjadi apabila keputusan yang dihasilkan hanya menyangkut satu masalah
• Tujuan yang bersifat ganda
Tujuan pengambilan keputusan yang bersifat ganda terjadi apabila keputusan yang dihasilkan itu menyangkut lebih dari satu masalah.

DASAR-DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Dasar-dasar yang digunakan dalam pengambilan keputusan bermacam-macam,tergantung dari permasalahannya.
•Menurut George R. Terry
Dasar-dasar dari pengambilan keputusan yang berlaku adalah sebagai berikut.
• Intuisi
• Pengalaman
• Fakta
• Wewenang
• Rasional



sumber:wikipedia,http://www.scribd.com/doc/Pengertian-Pengambilan-Keputusan,www.masjono.netne.net/tpk/pertemuan3


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Post

Pages

Popular Posts

Followers

About Me

Foto Saya
Triono
Nama :Triono Npm :36110984 Jurusan :[D3]- MI Fakultas:ILKOM
Lihat profil lengkapku

Blogger templates