Input dan Output C++

// Tugas_1
#include <iostream.h>
    Pada baris pertama terdapat #include <iostream>. Bagian ini disebut preprocesor directive, yang artinya bagian yang digunakan untuk mengikutsertakan berkas berkas file header/library yang berisi fungsi fungsi yang ada pada program yang akan dibuat pada baris baris dibawahnya. File yang diikutsertakan bernama iostream yang terletak pada suatu directori pada instalasi devc++  atau borlad c++.



Char nama[30], npm[10], kelas[5];
Baris ini menerangkan bahwa data ini mengunakan type data char. type ini  dapat disebut character atau integer dengan panjang 8 bits dan memiliki range antara 128-127(signed)dan 0-255(unsigned). Disini dalam medeskripsikan string dengan menggunakan char,  karena string disebut juga sebagai kumpulan sebuah karakter. dan untuk memasukan string ini dapat digunakan fungsi cin>>.
Ex:  Char nama [30];
Tipe data char dengan panjang karakter string “nama” adalah 30.
Cout<<”...............”<<”\n”;
Dengan mengunakan objek ini anda dapat meletakan suatu informasi ke standar output(normalnya berupa layar). Pentingnya intruksi ini karena cout merupakan standart output stream dalam c++. Jadi jika steatment cout dipakai maka header file iostream harus diikutsertakan. Dan setiap akhir kalimat selalu diakhiri dengan tanda[ ; ], karena karakter ini digunakan sebagai akhir dari sebuah intruksi yang dibuat. Kemudian adapun karakter newline yang digunakan untuk pindah ke baris berikutnya, dimana penulisannya berupa [ \n ], karakter ini dikenal dengan sebutan escape sequence.
Ex:
Cout<<”program biodata”;
 baris ini untuk mencetak karakter yang ada diantara tanda petik sehingga pada saat dieksekusi akan tercetak “program biodata” (tanpa tanda petik).
Ex: cout<<”\n masukkan nama : ”;cin>>nama;
disini user diminta untuk memasukkan suatu data yang disimpan pada variabel nama.
Getch();
Menunggu user untuk melakukan penekanan tombol  pada keyboard agar output/eksekusi  dapat terlihat. Untuk mengcopile program pilih menu execute >> compile & run >> tulis nama file program >> secara otomatis program dijalankan.
 
Output program:

Logika tugas_1:
Baris pertama perintah memasukkan nama dimana input yang dimasukkan akan di simpan ke variabel nama  begitupun juga perintah  npm dan kelas. Kemudian input yang dimasukkan sebelumnya akan dilakukan pemanggilan variabel untuk mecetak kedalam hasil akhir output ex:[nama saya adalah triono,npm saya....kelas... ].

// Tugas_2

Int uas, uts;
Disini saya mengunakan type data integer untuk variabel uas dan uts . integer ini  mendeskripsikan suatu nilai bilangan bulat yang memiliki ukuran 2 byte dengan jangkauan -32768 s/d 32767.
Float hasil;
Disini saya menggunakan type data float untuk variabel hasil. Float ini mendeskripsikan bilangan pecahan dan memiliki ukuran 4 byte lebih besar dibandingkan type data integer dan memiliki jangkauan -3.4E-38 s/d 3.4E+38.
Ex:
Cout <<setw(25)<<”PROGRAM NILAI “;
    Manipulator setw() bermanfaat untuk mengatur lebar dari suatu tampilan data. Sebagai contoh “PROGRAM NILAI” dapat ditampilkan rata kanan seperti hasil output yang ada di contoh paling bawah.

(attention!!...fungsi yang sudah saya jelaskan tidak saya tulis kembali)


Assination( =)
Operator assination digunakan untuk memberikan nilai ke suatu variabel .
Ex:
 Hasil = (0.7*uts)+(0.3*uas);
Nilai dari ruas kiri akan diberikan ke variabel hasil.






Logika tugs2:

Baris pertama user diminta untuk memasukan data uts  yang disimpan pada variabel uts, kemudian diminta kembali untuk melakukan input data uas yang disimpan pada variabel uas , kemudian dari hasil input tersebut dilakukan pemprosesan dengan perhitungan yang telah ditentukan kemudian nilai tersebut disimpan pada variabel hasil, kemudian yang terakhir dilakukan pemanggilan untuk melihat hasil nilai akhir dengan memanggil variabel hasil.
   
Hasil output program:






------- Terima kasih ------











   

2 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    mas boleh fb nya apa y?

  1. Unknown mengatakan...:

    mas kalau boleh tau fbnya apa ya,biar dapat berkomunksi lebih lanjut karena saya juga ambil jurusan tek informtaika.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Post

Pages

Popular Posts

Followers

About Me

Foto Saya
Triono
Nama :Triono Npm :36110984 Jurusan :[D3]- MI Fakultas:ILKOM
Lihat profil lengkapku

Blogger templates