BACAAN AL QUR-AN TIDAK AKAN SAMPAI KEPADA SI MAYYIT


               
PAHALA BACAAN AL QUR-AN TIDAK AKAN SAMPAI KEPADA SI MAYYIT

Dilingkungan kita sering kita melihat bahwa pada saat seorang meninggal sebagian kaum muslimin banyak yang  membacakan al –quran. Dari permasalahan tersebut kita sering bertanya tanya apakah membaca al quran  untuk si mayit dapat mengampuni dosa dosanya atau  bacaaan tersebut  dapat mengirimkan pahala kepada si mayit???
Jawabannya: 
                     Allah SWT berfirman:
“(yaitu bahwasannya seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain, dan bahwasannya seorang manusia tidak memperoleh (pahala)selain apa yang diusahakannya .”(QS.AN-NAJM:38-39)
    Dalam ayat ini Al-hafizh ibnu katsir  menafsirkan : “bahwa sebagaimana dosa seorang tidak dapat dipindahkan kepada orang lain, maka demikian pula ganjaran seorang (tidak dapat dipindahkan /dikirimkan ) kepada orang lain, melainkan didapat dari hasil usahanya sendiri. Dari ayat ini imam asy-syafi’i dan orang yang  mengikuti beliau mengambil dalil bahwsannya pahala bacaan al-quran tidak sampai kepada si mayyit dan tidak dapat dihadiahkan kepada si mayyit,karna yang demikian bukanlah amal dan usaha mereka. (periksa Tafsir Ibnu Katsir(IV/  272).  
                Tentang pengiriman pahala kepada si mayyit tidak pernah Rasulullah SAW  Menyunahkan ummatnya , dan tidak pula seorang sahabatpun yang melakukan demikian. Seandainnya masalah membaca al quran di pemakaman dan menghadiahkan pahala bacaannya itu baik, semestinya mereka(para sahabat)lah  yang lebih dulu mengerjakan berbuatan baik itu.               

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Post

Pages

Popular Posts

Followers

About Me

Foto Saya
Triono
Nama :Triono Npm :36110984 Jurusan :[D3]- MI Fakultas:ILKOM
Lihat profil lengkapku

Blogger templates